Blog kami akan menanpilkan banyak entah itu cerita puisi atau apapun gambar atau sesuatu hal baru

Rabu, 08 November 2017

BERAGAM PERKAKAS TANGAN DAN FUNGSINYA



Beragam Perkakas Tangan dan Fungsinya






Perkakas tangan merupakan beberapa alat yang dijual oleh toko perkakas, yang digunakan untuk mempermudah pekerjaan baik dalam segi penandaan, permesinan, penandaan, pemahatan, pengerokan, dan lainnya. Biasanya, beragam macam perkakas tangan yang digunakan untuk mempermudah pekerjaan ini, digunakan secara manual dengan memanfaatkan kekuatan tangan atau tenaga manusia tanpa adanya bantuan tenaga mesin. Menggunakan berbagai macam perkakas tangan ini tidaklah terlalu berbahaya, jika dibandingkan dengan penggunaan perkakas elektrik.
Banyaknya, jenis perkakas tangan yang dijual membuat kita pun terkadang bingung, akan nama sekaligus fungsi yang diberikan oleh semua alat perkakasnya. Benar? Nah, agar kalian tidak bingung dengan nama dan fungsi yang diberikan oleh setiap alat perkakas tangan, maka di bawah ini akan dijelaskan beberapa diantaranya:
  1. Ragum. Ragum merupakan alat perkakas tangan yang digunakan untuk menjepit sebuah benda, yang akan dipahat, dikikir, digerjaji, ditap, dan lainnya. Cara penggunaan alat perkakas yang satu ini pun cukup mudah, dimana hanya memutar tangkai ragum, lalu mulut ragum akan terbuka dan akan menjepit benda yang mau dipahat, dikikir, digergaji, dan lainnya. Sedikit saran! Ketika menggunakan ragum ini, jagalah baik-baik mulut ragum agar tidak terjadi kerusakan. Jika mulut ragum rusak, bisa dipastikan kalian tidak akan bisa menggunakannya lagi.
  2. Kikir. Kikir adalah sebuah alat perkakas tangan yang berfungsi untuk menghaluskan, mengikis, serta meratakan benda kerja. Kikir sendiri memiliki banyak jenis dengan kegunaan yang sangat berbeda. Contohnya saja, ada Kikir Plat yang digunakan untuk mengukir bidan rata, Kikir Pilar berfungsi untuk bidang yang berukuran besa, Kikir Segiempat berguna untuk mengukir penampang berbentuk persegi dan lubang segiempat, Kikir Segitiga yang difungsikan untuk lubang setigia, dan lainnya.
  3. Pahat tangan. Pahat tangan berguna untuk menyayat sekaligus memahat benda dalam keadaan dingin. Pahat tangan terdiri dari beberapa jenis menurut bentuk dan kegunaannya. Dimana, ada Pahat Plat yang berfungsi untuk mengikis bidang cembung, memotong baut, meratakan bidang. Lalu, ada pahat alur atau silang yang berfungsi untuk membuat alur minyak, dan alur sempit. Ada lagi, Pahat Dam yang berfungsi untuk memperbaiki pengeboran, membuat alur, dan lainnya.
  4. Palu. Palu merupakan salah satu jenis perkakas tangan yang berfungsi untuk memukul benda keras, yang terbuat dari baja dengan kedua ujungnya di keraskan. Terdapat banya jenis palu yang bisa digunakan contohnya palu pencabut paku, palu pemecah batu, palu berkapak, palu muka simetris, dan lainnya.
  5. Obeng. Obeng adalah alat perkakas tangan yang digunakan untuk mengencangkan sebuah sekrup. Berdasarkan penggunaannya, obeng sendiri digunakan sesuai dengan nomornya, ada nomor 1, 2, 3.
  6. Gergaji tangan. Gergaji tangan berfungsi untuk memotong sebuah benda. Di setiap sisi gergaji, terdapat gigi pemotong yang bergerigi dan dikeraskan. Daun gergaji tangan sendiri terbuat dari baja perkakas sekaligus baja tungsten.
Itulah berbagai macam alat perkakas tangan dengan fungsi yang diberikanya. Semoga Bermanfaat! 
Share:

Senin, 25 September 2017

NILAI OPTINUM FUNGSI OBJEKTIF DAN SISTEM PERTIDAKSAMAAN LINIER

Dalam pembahasan “Program Linear: Model Matematika” telah dibahas bagaimana memodelkan suatu permasalahan ke dalam model matematika. Dalam pembahasan tersebut diperoleh pemodelan sebagai berikut.
x + y ≤ 600,
6.000x + 5.000y ≤ 600.000,
Untuk x, y anggota bilangan cacah, x ≥ 0, y ≥ 0
Dari sistem pertidaksamaan tersebut akan dicari nilai-nilai x dan y yang menyebabkan fungsi f(x,y) = 500x + 600y bernilai maksimum. Bentuk umum dari fungsi tersebut adalah f(xy) = ax + by. Fungsi yang akan dioptimumkan (maksimum atau minimum) ini kemudian disebut fungsi objektif. Untuk menentukan nilai optimum tersebut, dapat digunakan metode uji titik pojok.
Sebelum membahas metode uji titik pojok, sebaiknya kalian tahu mengenai nilai optimum. Nilai optimum dapat berupa nilai maksimum atau minimum, tergantung dari permintaan soal. Pada permasalahan ini yang diminta adalah nilai maksimum, sehingga kita akan mencari nilai-nilai x dan y yang menyebabkan fungsi objektif bernilai maksimum.
Metode Uji Titik Pojok
Untuk menentukan nilai optimum dengan menggunakan metode uji titik pojok, lakukan langkah-langkah berikut.
  1. Tentukan kendala-kendala dari permasalahan program linear yang dimaksud.
  2. Gambarlah daerah penyelesaian dari kendala-kendala dalam masalah program linear tersebut.
  3. Tentukan titik-titik pojok dari daerah penyelesaian itu.
  4. Substitusikan koordinat setiap titik pojok itu ke dalam fungsi objektif.
  5. Bandingkan nilai-nilai fungsi objektif tersebut. Nilai terbesar berarti menunjukkan nilai maksimum dari fungsi f(xy), sedangkan nilai terkecil berarti menunjukkan nilai minimum dari fungsi f(xy).
Untuk lebih memahami dalam menentukan nilai optimum suatu fungsi objektif dengan menggunakan metode uji pojok, perhatikan contoh soal berikut.
Contoh Soal
Ling ling membeli 240 ton beras untuk dijual lagi. Ia menyewa dua jenis truk untuk mengangkut beras tersebut. Truk jenis A memiliki kapasitas 6 ton dan truk jenis B memiliki kapasitas 4 ton. Sewa tiap truk jenis A adalah Rp 100.000,00 sekali jalan dan truk jenis B adalah Rp 50.000,00 sekali jalan. Maka Ling ling menyewa truk itu sekurang-kurangnya 48 buah. Berapa banyak jenis truk A dan B yang harus disewa agar biaya yang
dikeluarkan minimum?
Pembahasan Contoh Soal
Langkah pertama. Tentukan kendala-kendala dari permasalahan program linear yang dimaksud oleh soal. Untuk mengetahui kendala-kendalanya, sebaiknya kita ubah soal tersebut ke dalam tabel sebagai berikut.
Tabel Kendala
Sehingga, kendala-kendalanya dapat dituliskan sebagai berikut.
x + y ≥ 48,
6x + 4y ≥ 240,
x ≥ 0, y ≥ 0, x, y anggota bilangan cacah
Dengan fungsi objektifnya adalah f(xy) = 100.000x + 50.000y.
Langkah kedua. Gambarkan daerah penyelesaian dari kendala-kendala di atas. Gambar dari daerah penyelesaian sistem pertidaksamaan di atas adalah sebagai berikut (baca: “Program Linear: Menggambar Daerah Penyelesaian Sistem Pertidaksamaan Linear Dua Variabel”).
Daerah Penyelesaian
Langkah ketiga. Tentukan titik-titik pojok dari daerah penyelesaian itu. Titik pojok dari daerah penyelesaian di atas adalah titik potong garis 6x + 4y = 240 dengan sumbu-y, titik potong garis x + y= 48 dengan sumbu-x, dan titik potong garis-garis x + y = 48 dan 6x + 4y = 240.
Titik potong garis 6x + 4y = 240 dengan sumbu-y adalah titik (0, 60). Titik potong garis x + y = 48 dengan sumbu-xadalah titik (48, 0). Sedangkan titik potong garis-garis x + y = 48 dan 6x + 4y = 240 dapat dicari dengan menggunakan cara eliminasi berikut ini.
Eliminasi
Diperoleh, titik potong garis-garis x + y= 48 dan 6x + 4y = 240 adalah pada titik (24, 24).
Langkah keempat. Substitusikan koordinat setiap titik pojok itu ke dalam fungsi objektif.
Rev Uji Titik Pojok
Langkah kelima. Bandingkan nilai-nilai fungsi objektif tersebut. Dari ketiga hasil tersebut, dapat diperoleh bahwa agar biaya yang dikeluarkan minimum, Ling ling harus menyewa 60 truk jenis B dan tidak menyewa truk jenis A.
Semoga bermanfaat
Share:

Jumat, 10 Maret 2017

MENGAPA SAYA BISA MASUK JURUSAN MEKATRONIKA SMKN1BAWANG

Hay kawann !!
Perkenalkan nama saya Dewi rahmawati saya tinggal di kebutuh duwur, pagedongan, banjarnegara, sekarang saya sekolah di SMKN 1 Bawang, Disini saya mau cerita sedikit mengenai kenapa saya bisa masuk jurusan mekatronika? Ini jawabannya....
Pertama pas lulusan smp saya bingung mau nerusin kemana? Awalnya sih mau lanjutin ke SMK tapi masih bingung mau di SMK mana? Kalau nerusin ke SMK sih sudah punya bayangan mau ambil jurusan TKJ. Terus Kata ayah harus di SMK yang ternama di sini, kan tambah bingung dan stres kalo sekolah di SMK ternama bisa masuk gak yah atau gak ketrima๐Ÿ˜ž? Kemungkinan kecil harapan๐Ÿ˜. Setelah beberapa lama kebingungan akhirnya aku milih SMKN 1 bawang untuk SLTA saya. Langsung awal pendaftaran, saya pas itu bener gak tau apa" kebingungan kaya orang bodoh dan kaya orang ilang tapi saya percaya" diri aja lahh. Nah disini saya mau cerita pertama ketemu sama Yuyun Rahmawati yaitu teman kelas saya sendiri. Pertama-tama pas pendaftaran saya masuk kelas pendaftaran ulang yang sekarang itu kelas 12 akuntansi entah akuntansi berapa saya juga gak tau, terus saya masuk kelas itu pas mau duduk saya bingung mau duduk dimana? Aku lihat ada mba2 yang duduk sendiri langsung aja saya duduk disampingnya dan langsung kenalan sama mba itu namanya yuyun rahmawati. Terus pas mau nulis formulir tapi saya nggak bawa bolpoint๐Ÿ˜ƒ penuh paksa saya pinjem sama yuyun itu dan dipinjemin sama yuyun. Terus pas pertama masuk kelas MT 2 dan waktu itu aku duduk pertama sama Liberta poranda tapi langsung digeser sama ibu wali kelas dan ketemu sama yuyun nahhhhh pas itu yuyun tanya sama aku "wi kamu apa dewi rahmawati yang dulu pas pendaftaran duduk disampinge aku dan pinjem bolpointne aku?" Saat ditanya kayak gitu saya langsung ngรจh dan menjawab "iya, kamu apa yuyun rahmawati itu? " terus yuyun menjawab "iya" lalu saya balik menjawab "apa iya?" Perasaan kamu dulu agak gemukan yun dan agak putih? kok kamu sekarang kecil dan agak hitam yun?๐Ÿ˜†" Yuyun menjawab "๐Ÿ˜ iya we" sampai sekarang saya pun masih ingat kejadian itu dan saya rasa pertemuan itu pertemuan yang paling mengesankan menurut saya sendiri. karna saya nggak pernah ngrasain kejadian itu sebelumnya. Kembali ke pendaftaran yahh, dengan percaya dirinya aku langsung milih usan TKJ tanpa mikir masuk nggak yah? selama seminggu saya bolak balik ke SMK untuk ngurusin pendaftaran dan lihat jurnal, disitu tertera saya masuk ke kolom merah artinya saya nggak masuk TKJ atau tergusur wkwk. Setelah tau tergusur, Saya,kakak sama ayah langsung berembug mau ambil jurusan apa dan pas itu tinggal MT sama BPI Akhirnya keputusan telah diambil yaitu masuk jurusan MT dan setelah mendaftar ulang akhirnya saya masuk dan ditrima di jurusan MT ya agak nyesel si tapi ya masuknya disitu mau apa lagi! 
Nahh kawan itulah cerita saya. Sekian dan terimakasihhh
Share:

Rabu, 08 Maret 2017

CERITA PERTAMA MASUK SMKN1BAWANG

   Oleh : Liberta Poranda
   Kelas : X Mekatronika 2
   SMKN 1 BAWANG BANJARNEGARA


         Hay guys ? ini hari pertama saya menulis artikel, masih pikir pikir sebenarnya mau nulis apa. Yasudahlah saya pikir menulis Kenangan Pertama masuk SMK itu sebuah history.
Awalnya kita semua ngga kenal & masih cuek sampai jadi seorang sahabat hingga saat ini.
     Banyak hari dimana kita bersenang senang penuh canda tawa. Serasa tidak ada beban apapun. Bersyukur sekali mempunyai teman teman yang baik dan perhatian. Sampai pada suatu ketika persahabatan itu terpecah belah karena hal sepele .
     Hingga konflik yang memuncak. Tapi kita  semua berusaha untuk menjaga keutuhan dan kebersamaan tersebut. Kisah percintaan putih abu abu pun mulai muncul. Ya entah siapa yang terlibat ,tetapi itu menjadi sebuah history lelucon belaka.
   Masa masa inilah yang biasanya penuh kenangan dibandingkan tingkatan sekolah lainnya. Saling mengingatkan ketika ada tugas tugas yang belum dikerjakan dan masih banyak lagi.
   Kebersamaan kemesraan kekompakan kedisiplinan ketentraman kesenangan ini janganlah cepat berlalu begitu saja kawan. Tetap ingatlah selalu hari hari ini, hari dimana kita bekerja keras menata career yang sukses untuk kedepannya.
   Kesuksesan kita semua tidak akan bisa maju tanpa bimbingan bapak dan ibu guru yang telah mengajarkan ilmunya pada kita semua .Kenanglah selalu moment moment ini kawan ,jangan lupakan persahabatan kita ini.
  Salam untuk X MT 2 semuanya tanpa kalian ,saya tidak ada apa apanya sampai saat ini..

«Terus ikuti artikel/cerita/prodedur/dll dari blog XMT 2 kawan »
™ Budaya Kerjamu Hebat ™
Share:

Selasa, 07 Maret 2017

• PENGALAMAN PERTAMA MASUK SMK NEGERI 1 BAWANG


Hy Kawan ,  perkenalkan nama saya Nida Adilah Aulaa, saya memilih sekolah  “SMKN 1 BAWANG” karena saya merasa tertarik dan nyaman dengan keadaan serta sekolah ini. Berintegritas tinggi dan juga Kaya akan Kinerjanya. Tidaklah heran jika orang-orang melintasi sepanjang jalan raya Pucang – Bawang – Banjarnegara, mereka akan melihat deretan bangunan sekolah yang didepannya mengalir saluran irigasi. Disitulah sekolah saya berada, Sekolah yang bisa dibilang “gak ade matinye!”.
Tempatnya luas, mempunyai 3 lapangan.. lapangan basket, voli, GEDUNG OLAH RAGA (GOR) dan lapangan tengah (di tengah sekolah) awal masuk saya terkagum ,nggak tau kenapa,, wkwkwk…:D di SMKN 1 Bawang juga punya masjid, punya kantin luas ,,suasana belajar di sini juga tenang loh teman-teman karena banyak pepohonan . awal nya saya ragu untuk mendaftar di sekolah ini, yah apa boleh buat kalo ngga mencoba kita ngga tau hasilnya . dan ternyata saya lolos dalam seleksi, saya masuk jurusan MEKATRONIKA atau bisa dibilang/disebut "MT"...
Hari pertama saya di sekolah SMK N 1 BAWANG adalah (PLS) "Pengenalan Lingkungan Sekolah" . Pada waktu itu saya sangat terkejut dengan semua program yang diterapkan pihak sekolah. Masa Pengenalan Lingkungan di Sekolah ini sangatlah berbeda dengan sekolah lain. Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah disini benar-benar dilaksanakan dengan ajaran yang sangat mendidik, terutama mendidik kedisiplinan siswa.
  
     Pada masa PLS banyak pengalaman yg saya dapet  diantaranya.. jelas kita semua pasti dapet temen baru  dan sifat mereka juga macem-macem bentuknyaa๐Ÿ˜‚.. tapi saya merasa nyaman dengan mereka semua asik diajak ngobrol, mudah berkawan dan AWAL masuk kita semua kompak , meskipun dari dua kelas MT banyak anak laki2nya , duhh mantab hari pertama saya  sangatlah terkejut, saya langsung masuk mapel Teknik Kerja Bengkel, Lab produktif sekolah saya tergolong lengkap. Sarana dan prasarana yang di sediakan pihak sekolah untuk para siswanya menjadi kesempatan saya untuk mempelajari bidang pemrograman atau yang lainnya dan mempersiapkan ilmu untuk bekal dimasa depan.
  

   
              Guru-guru produktif saya juga sangatlah mengasyikan tapi serius. Ini membuat saya jadi bertambah senang berada dikelas X Mekatronika 2 (MT) yang di perwalikan Ibu Drajat Nahda Riyani . sangatlah bangga dan enjoy untuk mengikuti semua materi maupun praktek yang di terapkan guru dan pihak sekolah saya...
Ini lah sekilas dari pengalaman saya saat awal masuk sekolah ini, Semoga ada hikmah yang dapat dipetik dari tiap pengalaman saya, entah apa itu, tapi semoga saja ada hikmah nya..
Thanks๐Ÿ˜€๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š






<== Mohon Abaikan Fotonya๐Ÿ˜€๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚






Nama : Nida Adilah Aulaa
Kelas : X Mekatronika 2
Absen : 22
SMK NEGERI 1 BAWANG-Jl.Raya Pucang-BANJARNEGARA-JAWA TENGAH
Share:

Senin, 06 Maret 2017

PENGALAMAN PERTAMA MENEMPATI SEKOLAH BARU


   
 Pada waktu itu,saya sebenarnya mau daftar TKJ
 tapi aku pikir "apakah aku bisa masuk tkj dengan nilai rendah"
 lalu aku tanya sama ibu "ibu apakah aku bisa masuk tkj dengan nilai rendah"
 ibu aku jawab,"insaalloh nak,kalau rezekinya kmu pasti bisa,kalau nggak bukan rezekinya kmu nak"

    Pada hari itu,saya ke smk 1 bawang,mengecek jurnal
    ternyata benar yang di katakan,saya nggak keterima ternyata belum rezekinya
    terus saya liat disana ada sebuah jurusan mekatronika dengan memperliatkan
    sebuah robot dan alat-alat yg ada di jurusan mektronika,dengan cepatnya saya langsung
    meliat jurusan mekatronika.

    saya langsung bergegas untuk daftar di mekatronika.
    alhamdulilahnya saya di terima di mekatronika,saya bersyukur banget dengan di terimanya saya di mekatronika
    kemudian saya di suruh ke GOR,setelah lama di GOR saya langsung menuju rumah untuk memberitau ke 2 oran tua saya.

    2 minggu kemudian masuk sekolah,setelah melaksanakan idul fitri.
    pada pertama masuk sekolah yg pertama,saya langsung di suruh ke GOR,untuk memberitau bahwa besok di suruh memakai baju
    hitam putih untuk acara PLS (Pengenalan lingkungan sekolah).

    Setelah acara PLS selesai,siswa wajib memakai seragam dari masing-masing sekolah.setelah itu        saya dan kawan-kawan diberitau letak kelas mekatronika,setelah selang kemudian satu persatu saya kenal dengan anak-anak yang mendaftar di mekatronika
    saya sangat senang di mekatronika,karena jurusan mekatronika bukan jurusan yang di pandang sebelah mata,karena mekatronika menerapkan
    kediplisinan,keterampilan dan skill yang hebat.
   
    Nama: surya dipraja kabri wali maudz
    kelas:X MEKATRONIKA 2
    No:30


Share:

PUISI UNTUK IBU

  IBU.............

            kaulah muara kasih ku
            kau bagaikan matahari
            yang selalu menyinari
            dan menghangatkan ku

              IBU............
           
             engkau tak henti-hentinya
             mengajari anak-anaknya
             agar mereka bisa berdiri
             dan bisa berjalan

              dan engkau selalu beri mereka semangat
              agar anak-anak mu tidak mudah mnyerah
              dalam menghadapi semua permasalahan

              ibu anak mu ini hanya bisa mendoakan mu
              agar di berikan kesehatan selalu
              dan umur yang panjang
 
                IBU......
             
              Terima kasih atas segalanya
              yang di berikan ibu kepada ku
              dan terima kasih juga
              telah membesarkan ku hingga sekarang
              SEKALI LAGI MAKASIH IBU
             
                  Nama:surya dipraja kabri wali maudz
                  kelas:X Mekatronika 2
                  no:30
Share:

BTemplates.com

Inggil Leresia . Margiawan. Diberdayakan oleh Blogger.